Sunday, November 28, 2010

Modifikasi Motor Honda Tiger 2002 Gaya Street Fighter

Aliran street fighter kini mulai merambah daerah. Honda Tiger 2002 milik Irwandi Nurullah, warga Dumai, Riau, ini misalnya, sosoknya sudah berubah menjadi “Robofighter Style”. Modifikasi dikerjakan Suswanto dari Billy Custom, yang memang dikenal sebagai penganut West Jateng Style atau WJS.

Image and video hosting by TinyPic

Tak ada ubahan ekstrem pada bodi, kecuali tangki bahan bakar karena mengikuti tarikan garis dari belakang yang meruncing kecil. Uniknya, spidometer menemplok di ujung tangki (dekat setang).

Wanto—panggilan akrab Suwanto—penganut kuat streetfighter dan tergolong rajin bereksperimen. Selain memadukan gaya murni Eropa, terkadang modifikasi dibumbui ide sendiri. Seperti pada Tiger ini, dia mengaku mengikuti desain streetfighter Ducati yang diambil pada bentuk dasarnya aja.

Dari karyanya itu, lekukan dan komposisi siku tegas sekali pada hampir seluruh bodi, sementara gaya WJS dengan membuat bagian tengah lebih padat dan mekar dipertahankan. Seperti bagian tangki, di bagian bawahnya ditambahi sayap sehingga terkesan gambot, tetapi dengan bagian belakang yang mengecil. Seluruh ubahan pada bodi menggunakan bahan pelat galvanis.

Supaya komposisi lebih pas, sasis belakang dibuat ulang pakai pipa 22,5 mm sebagai rangka baru. Kerangka asli yang masih dipakai, menurut Wanto, hanya bagian center backbone. Kesan kekar ditunjang aplikasi deltabox, plus lengan ayun yang dikondomkan, termasuk juga peredam kejut depan. Untuk belakang, dia memakaikan peredam kejut Suzuki Satria.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment